MENDADAK ORCHID CIKOLE LEMBANG

Mei 2018 ,
"Cuy Bandung yuk?"ujar adikku tiba tiba
"Mmmm....ok".jawabku agak sedikit ragu
"Ya udah pesenin keretanya ya!ntr kalo soal penginapan gimana nanti aja."lanjut adikku
"Okur"sahutku santai

Sore itu juga aku pesan kereta menuju Bandung dan keesokan harinya mengajukan cuti untuk libur selama dua hari.Dan pengajuan cuti semudah itu di approve oleh bos ( thanks God ).

"Bro udah packing buat besok? Gimana nih penginapannya?"tanyaku 
"udah kok ,beres itu mah nginep semalem doank mah nyantailah".jawab adikku
"Ok lah kalo gitu,gw mo tidur dulu biar besok gk kesiangan bangun".sahutku kemudian

Pagi hari di bulan Mei, 

"Cuy ayok cepetan ntar ketinggalan kereta nih".teriak adikku
"gw duluan ya ,nih ojolnya udah datang ntr ketemu di stasiun ya"lanjut adikku kemudian
"iya,iya bentar nih ojolnya masih di jalan" sahutku kemudian

Di Stasiun Gambir,

"Bro..udah boarding?"tanyaku pada adikku
"udah beres".sahut adikku
sambil menunggu jadwal keberangkatan aku sempatkan untuk beli sarapan pagi di restoran favoritku.
Sarapan kali ini aku membeli nasi goreng dan siomay goreng plus minuman air mineral,sengaja aku pilih nasi goreng karena porsinya yang banyak aku rasa cukup untuk aku makan berdua bareng dengan adikku.
Tak lama setelah membeli sarapan, panggilan masuk ke kereta bergema."ayuk,tuh udah dipanggil".ujar adikku.
Kereta yang aku tumpangi menuju Bandung berjalan perlahan dan tak lama meninggalkan stasiun Jakarta dan bergerak menuju Bandung.Waktu tempuh tiga jam aku manfaatkan dengan membaca buku dan mendengarkan musik.

Stasiun Bandung,

Tepat pukul 10 lebih 5 menit kereta sampai di stasiun Bandung.Setelah beristirahat sejenak di Stasiun aku dan adikku berjalan ke arah keluar stasiun dan menaiki angkot dengan rute St Hall - Lembang.
Tujuan kami setelah sampai di Bandung langsung menuju Orchid Cikole Lembang.Waktu tempuh angkot dari stasiun menuju Lembang sekitar 2 jam dengan kondisi jalan yang terkadang tersendat karena jalan padat atau angkot harus berhenti untuk menurunkan dan menunggu penumpang.Kami adalah penumpang yang paling terakhir turun karena memang tujuan kami adalah tujuan terakhir dari angkot ini.Selama perjalanan rute angkot ini akan banyak melewati wisata terkenal di Lembang salah satunya adalah Farm House.
Setelah turun kami naik angkot yang menuju Tangkuban Perahu.Namun di tengah perjalanan karena penumpang tidak ada kami ditawarkan untuk langsung ke tujuan dengan membayar Rp 25.000/orang.
Dengan tarif itu kami diantarkan sampai menuju loket,karena loket berada di dalam dan jarak dari jalan raya ke dalam lumayan jauh ( Pengelola Orchid Cikole beberapa menit sekali menyediakan angkutan untuk mengantarkan penumpang menuju loket ).
Setelah kami fikir untuk menghemat waktu kami putuskan untuk membayar jasa angkot.Karena setelah kami pertimbangkan setelah turun dari angkot kami harus menunggu angkutan dari pengelola dan harus menunggu dan harus bengong lagi sambil menunggu ( sungguh membosankan wkwkwkwk ).

Orchid Cikole Lembang,

Angkot mengantar kami sampai loket dan menurunkan kami persis di depan pintu masuknya.Setelah itu kami membeli tiket dan masuk kedalam.Kesan pertama saat masuk adalah suasana yang adem,tenang dan teduh sesuai dengan keadaan Lembang yang selalu sejuk.Di dalam terdapat beberapa jenis tanaman Anggrek sesuai dengan nama nya.Terdapat budidaya anggrek,beberapa permainan khas yang sering kita jumpai dibeberapa tempat wisata di Lembang.Terdapat kantin,musholah dan kamar kecil di setiap tempat.

Semakin sore udara di Orchid Cikole semakin dingin,kabut sudah mulai turun dan lampu lampu sudah mulai dinyalakan.Kami bergegas turun karena kuatir tidak mendapat angkot.Bagi pengunjung yang membawa kendaraan lebih disarankan keluar setelah maghrib karena memang saat malam bagi pecinta photograpy maka akan mendapat momen yang tepat bila memang cuaca mendukung tanpa ada hujan.

Kami menunggu kendaraan operasional pengelola untuk mengantar sampai ke bawah.Kendaraan dibagi ke beberapa group karena memang antara parkiran dan loket agak jauh.Dan bagi pengunjung yang tidak membawa kendaraan rute berlawanan arah dengan yang membawa kendaraan.Setelah agak lama menunggu penumpang yang lain dan ternyata tidak ada lagi pengunjung yang tidak membawa kendaraan maka supir memutuskan untuk mengantar kami berdua.
Sampai di jalan raya kami menunggu lama dan tidak ada angkot yang dari arah atas ( tangkuban perahu ) maka kami berjalan kaki sedikit menurun sampai  ke depan minimarket depan Grafika Cikole.Tak lama ada angkot yang muter dan kami menaikinya untuk sampai ke perempatan Lembang.
Dari perempatan Lembang kami naik angkot kembali dengan rute St Hall - Lembang.Dan kami putuskan untuk turun di daerah Cihampelas dan mencari penginapan.

Setelah dapat penginapan kami beristirahat karena besok akan pulang ke Jakarta.

Biaya yang kami keluarkan perorang 

1. Biaya Ojol        Rp 45.000 ( berikut tip driver )
2. Kereta               Rp 170.000 ( PP )
3. Biaya Angkot menuju Lembang Rp 17.000 ( PP )
4. Biaya Angkot menuju Orchid Cikole Rp 30.000 ( PP )
5. Biaya Penginapan  Rp 110.000 ( sudah dibagi 2 dan termasuk sarapan )
6. Biaya lain lain  Rp 140.000

Total Biaya yang dikeluarkan perorang   Rp 512.000


Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengalaman pertama naik BARAYA

Rasa Sepi